Minggu, 09 Agustus 2015

Makanan Penyebab Diare Pada Anak

Pengertian Diare

Penyakit Diare biasa disebut dengan kata "mencret" atau diarrhea dalam bahasa inggris,  Diare adalah sebuah gangguan pada pencernaan di mana tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair dan terjadi dalam 24 jam sedikitnya 3-7 kali.

Biasanya disertai sakit perut dan seringkali mual dan muntah. Ada beberapa kondisi lain yang melibatkan tapi tidak semua gejala diare, dan definisi resmi medis dari diare adalah defekasi yang melebihi 200 gram per hari.

Penyebab Diare

Diare bukanlah penyakit yang datang dengan sendirinya. Biasanya ada yang menjadi pemicu terjadinya diare. Secara umum, berikut ini beberapa penyebab diare, yaitu:

1.Infeksi oleh bakteri, virus atau parasit.
2.Alergi terhadap makanan atau obat tertentu.
3.Infeksi oleh bakteri atau virus yang menyertai penyakit lain seperti: Campak, Infeksi telinga, 4.Infeksi tenggorokan, Malaria, dll.
5.Pemanis buatan

Ada juga makanan yang menyebabkan diare pada anak, berikut beberapa makanan yang dapat menyebabkan diare pada anak :

1.Makanan yang digoreng

Mengonsumsi makanan yang digoreng secara terus menerus dapat memicu terjadinya diare pada anak. Apalagi jika makanan yang digoreng tersebut disajikan dengan saus. Oleh karena itu, lebih baik sajikan makanan yang dipanggang untuk si kecil dengan sedikit saus yang dicampur dengan sayuran.

2.Gula buatan

Mengonsumsi 50 gram sorbitol perhari dapat membuat anak mengalami kram pada perut yang kemudian berefek pada diare. Hal ini terjadi karena tubuh tidak bisa mencerna gula buatan seperti sorbitol. Oleh karena itu, batasi permen karet yang dikonsumsi anak karena permen karet mengandung sorbitol.

3.Makanan berserat

Jenis makanan kaya serat seperti padi-padian dan sayuran sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Namun bila anak mengkonsumsi makanan berserat terlalu banyak, dampaknya juga kurang baik. Perut anak akan memproduksi terlalu banyak gas sehingga perut anak kembung.

4.Kubis

Jenis makanan seperti kubis dan brokoli mengandung gula yang tidak dapat dicerna tubuh. Akibatnya, konsumsi banyak kubis dan brokoli akan membuat perut anak memproduksi terlalu banyak gas.

Demikian pembahasan mengenai Makanan Penyebab Diare Pada Anak, Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda, Terimakasih telah mengunjungi blog saya.

0 komentar:

Posting Komentar